Teknik Komputer Jaringan (TKJ)

Teknik Komputer Jaringan (TKJ) – Assalamualaikum Wr Wb. Kali ini saya ingin bercerita sekilas tentang jurusan TKJ, hanya sekedar ingin berbagi pengalaman dan mungkin bisa diambil sisi positifnya.
Gambar Komputer Vector, Teknik Komputer Jaringan

Tentu tidak asing lagi ya kita mendengar sebuah jurusan yang dipelajari di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ini, sebuah jurusan yang mempelajari tentang ilmu-ilmu instalasi komputer, perbaikan komputer, perakitan ulang komputer, perawatan dan perbaikan komputer, dan masih banyak lagi.

Kebetulan saya adalah salah satu siswa Kelas X (Sepuluh) SMK Negeri 1 Takengon tepatnya berada di Aceh Tengah, Kota Takengon. Kelas X itu ya masih kelas pemula, dimana saya masih belajar teori dasar dan sama sekali belum melakukan praktek langsung di labolaturium khusus. Begitu hal nya juga seperti saya memposting artikel ini yang bisa dibilang masih abal-abalan. 

Pertama sekali saya mendengar jurusan TKJ, saya itu sangat tertarik apa lagi bisa dibilang hobi saya itu ada di bidang komputer dan teknologi. Setelah kira-kira dua bulan saya belajar dan berkecimpung di jurusan ini, saya sudah merasa tertantang dengan hal-hal baru yang sebenarnya ada pada jurusan ini. Wah, begitu banyak ilmu yang bisa digali lagi. Sangat menarik bukan?

Pada Kelas X Semester 1 ini, ada 7 Mata Pelajaran Khusus, diantaranya:

  • Pemrograman Dasar, yang mempelajari tentang Pembuatan Program sederhana dengan langkah yang tidak sulit. 
  • Jaringan Dasar, yang mempelajari tentang pengoperasion jaringan.
  • Sistem Operasi, yang ini tentu tidak asing lagi. Mempelajari Sistem Operasi seperti Windows, Mac OS, Linux, dan lainnya.
  • Perakitan Komputer, Mata pelajaran ini yang mungkin yang paling spesifik untuk menggambarkan tugas jurusan TKJ.
  • Pemrograman Web, yang mempelajari tentang dasar-dasar pengoperasian program berbasis web, dan banyak lagi
  • Sistem Komputer, Kalau yang ini menurut saya adalah pelajaran yang paling sulit karena belajar dengan angka-angka yang rumit seperti Bilangan Desimal, Biner, Oktal, Heksadesimal.
  • Simulasi Digital, Ini Mata pelajaran yang lumayan menarik, dimana kita belajar Multimedia, Membuat animasi, dan masih banyak sekali.

Sebelumnya saya minta maaf karena saya tidak memberikan materi secara jelas karena memang saya hanya ingin bercerita sekilas tentang jurusan yang sedang saya diami sekarang ini. 

Satu hal yang paling tidak saya suka dari jurusan ini ialah pada mata pelajaran Matematika, karena gurunya yang meng-Compress habis siswa nya. Katanya Matematika itu sangat erat sekali hubungan nya dengan komputer dan teknologi. Dan ternayata memang benar.

Jadi saran saya bagi kawan-kawan yang ingin lebih tau tentang masalah komputer. Baca terus saya artikel saya selanjutnya.

Semoga bermanfaat, Wassalam.
Sobat Internet
Sobat Internet

Previous
Next Post »

1 komentar:

Unknown
AUTHOR
6 Desember 2017 pukul 08.58 Reply Delete Delete

tempate nya download dimana mas ?

avatar