Cara Mengatur Default Programs Untuk Membuka File Di Windows 8/8.1

Cara Mengatur Default Programs Untuk Membuka File Di Windows 8/8.1 – Sebelumnya saya sempat mengkaji tentang Cara Mematikan Windows Update Otomatis di Windows 8/8.1, dan untuk kali ini kita masih akan mengkaji info mengenai seputaran windows 8/8.1.

Pada dasarnya sebuah file akan dibuka melalui aplikasi dasar (default programs) yang telah diatur secara otomatis oleh Windows. Sebagai contoh kita ingin membuka sebuah file PDF di windows 8, maka aplikasi yang dipakai adalah Reader (PDF Reader bawaan Windows 8/8.1). Namun sebagian orang tidak merasa puas dengan aplikasi-aplikasi bawaan Windows ini, mungkin karena kurangnya fitur yang disediakan dan tampilan yang bisa dibilang klasik. Nah untuk itu kita akan membahas sedikit Bagaimana Cara Mengatur Deafult Programs di Windows 8/8.1.

Disini saya akan mengajarkan dua trik yang bisa sobat praktekkan :
Pertama, dengan menggunakan Open With. Caranya :
1. Klik kanan pada filenya lalu pilih Open With. Lalu pilih Choose Default Program


2. Setelah itu pilih aplikasi yang akan dijadikan Default Program untuk file tersebut. Dan jangan lupa centang tanda diatasnya, hal ini bertujuan agar semua file yang berfomat sama akan dibuka oleh aplikasi yang sama. (lihat gambar untuk memperjelas)



Kedua, cara ini merupakan cara yang lebih lanjut karena kita bisa memilih format-format apa saja yang akan dibuka oleh aplikasi yang kita maksud. Berikut caranya :

1. Tekan “Windows+S” di keyboard, lalu ketikkan Default Programs.



2. Setelah terbuka, pilih Set your default programs.



3. Tunggu sampai prosesnya selesai. Dan disana akan ada aplikasi-aplikasi yang bisa sobat jadikan sebagai Aplikasi utama (Default Program). 

4. Sebagai contoh, saya memilih Picasa Photo Viewer (Penampil Foto Picasa) untuk dijadikan sebagai Default Program. Setelah mengklik aplikasi tersebut, lalu klik Set this program as default. (lihat gambar)

5. Lalu klik OK

Untuk kali ini hanya itu yang bisa saya bagikan kepada sobat sekalian, ikuti dan baca terus artikel saya untuk mendapatkan ilmu tentang teknik komputer dan jaringan.
Semoga bermanfaat. Wassalam. Wr. Wb
Sobat Internet
Sobat Internet

Previous
Next Post »